TEKNOLOGI UNIK UBAH AIR LAUT MENJADI AIR MINUM

Kebutuhan air bersih yang sehat sudah menjadi kewajiban bagi seluruh pemerintah di dunia untuk menyediakan. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memastikan bahwa setiap warga negaranya memiliki akses yang cukup terhadap air bersih tersebut. Beberapa teknologi untuk menghasilkan air bersih yang menyehatkan diterapkan, salah satu diantaranya adalah desalinisasi.

Teknologi desalinisasi unik atau teknologi unik mengubah air laut menjadi air tawar (air minum) dapat dilihat di beberapa negara. Di Indonesia, teknologi ini relatif masih jauh dari kenyataan. Sebab, Indonesia masih berlimpah air tawar. Bersyukurlah kepada Allah SWT bagi orang yang mudah mendapatkan air bersih yang berlimpah karena tidak semua orang di belahan bumi mendapatkan karunia ini. Diakui terjadi kekurangan di kota besar dan beberapa wilayah Indonesia, namun secara umum warga negara di nusantara ini masih aman dari air bersih. 

Di sebagian wilayah Indonesia air bersih berlimpah, bahkan warganya tidak tahu kalau itu bak emas di tempat lain karena sulit ditemukan. Di beberapa tempat ada air, tapi tidak layak (tidak sehat) konsumsi. Sebagian lainnya air tawar terkena kontaminasi pencemaran. Butuh fasilitas penjernihan agar air tersebut dapat dikonsumsi. Namun, fasilitas pemurnian sangat mahal terutama bagi keluarga yang tidak mampu. Tak heran jika bisnis air isi ulang melambung di kota-kota besar di Indonesia.

Berikut, inovasi terbaru proses pemurnian air dengan teknologi terbaru. Uniknya, energi yang dipakai adalah energi terbarukan seperti energi matahari dan energi ombak. Fasilitas penjernihan diperuntukkan bagi wilayah yang sulit mendapatkan air bersih atau wilayah terpencil. Disainnya pun sangat inovatif, bahkan tidak terpikir di otak penulis.

Kapal Desalinisasi Berbentuk Pipa Bertenaga Matahari



Sebuah proyek desalinisasi dengan nama The Pipe sedang direncanakan oleh Pemerintah California. Sebuah fasilitas desalinisasi terapung yang terbuat dari kapal ini dirancang. The Pipe di disain mampu menghasilkan 1,5 miliar galon air minum bersih. Teknologi yang digunakan adalah desalinisasi air laut di Samudera Pasifik menjadi air layak minum bagi masyarakat California.

Secara umum, teknologi ini adalah memanfaatkan energi matahari sebagai energi primer yang akan menghidupkan fasilitas desalinisasi terapung tersebut. Energi matahari diubah menjadi listrik dengan panel surya yang dipasang di sekeliling bangunan pipa di atas kapal. Total kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di The Pipe tercatat 10.000 MW jam per tahun.

Prinsip kerjanya, panel surya yang menangkap energi matahari akan menghidupkan alat penghasil gelombang elektromagnetik untuk mengubah air laut menjadi air bersih. The Pipe juga menyaring produk sampingan dari air laut dengan metode pemandian air panas. Secara umum (selain produk sampingan), The Pipe menghasilkan dua jenis air, yaitu air murni (air bersih yang sehat) dan air bersih dengan tingkat salinitas 12%.

Air bersih di sebut sebagai produk utama dan air bersalinitas 12 persen sebagai limbah. Limbah yang dihasilkan dari proses desalinisasi akan dikembalikan ke laut. Ini adalah metode yang sangat-sangat ramah lingkungan, dan bebas dari emisi karbon. Air bersih yang dihasilkan oleh The Pipe akan dialirkan ke pipa utama air bersih di kota California.

Secara penampakan, disain fasilitas desalinisasi ini sangat unik dan mengagumkan. Fasilitas terapung ini tampak seperti kapal yang membawa satu pipa yang sangat besar atau bisa dikatakan sebagai "Pipa Raksasa". Panel surya yang terpasang di seluruh permukaan pipa menambah indah kapal. Permukaan pipa dipasang panel surya menangkap sinar matahari dan memanfaatkannya sebagai energi utama kapal dan fasilitas pemurnian air. Jika dipandang dari jauh terlihat pipa ukuran raksasa yang berkilauan. Suatu pemandangan yang tidak akan didapat di tempat lain.

Desain memang unggul karena ini hasil dari kompetisi disain Land Art Generator Initiative yang diadakan Santa Monica Pie 2016 lalu. Disain diambil dari finalis kompetisi tersebut dengan penilaian prinsip-prinsip disain yang disukai masyarakat California.

Carnegie Perth Wave Energy Project


Proyek energi Gelombang Carnegie Perth diluncurkan oleh Pemerintah Australia. Penghasil energi gelombang ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai fasilitas desalinisasi air laut menjadi air bersih yang sehat atau air layak minum.  Inilah manfaat ganda yang diidam-idamkan Australia yang banyak memiliki wilayah kering, yaitu menghasilkan listrik dari energi terbarukan dan memproduksi air minum untuk masyarakatnya.

Teknologi Carnegie Perth adalah menangkap energi gelombang dengan pelampung yang dipasang mengambang di permukaan laut. Pelampung ini diikat dengan pompa hidrolik, sehingga memberikan tiga manfaat . Yaitu, menjadi jangkar agar pelampung tidak hanyut, menghasilkan listrik, dan pompa untuk mengalirkan air bersih hasil proses desalinisasi ke daratan.

Fasilitas desalinisasi dibangun di dalam pelampung. Prinsipnya, listrik yang dihasilkan pada pembangkit listrik tenaga gelombang dimanfaatkan untuk menghidupkan mesin desalinisasi sehingga dapat menghasilkan air layak minum. Sisa dari listrik yang dihasilkan dikirim ke daratan untuk dimanfaatkan masyarakat. Dan, pompa hidrolik akan mendorong air bersih ke daratan.

Proyek ini dibangun di Pantai Perth, Australia Barat. Proyek juga merupakan bagian dari program jangka panjang Pemerintah Australia untuk memenuhi kebutuhan air bersih warganya dari desalinisasi air laut menjadi air layak minum.

Oleh : Ahmad Senoadi
Dari berbagai sumber.
Load disqus comments

0 comments